Terima kasih atas kunjungannya dan kami mohon untuk mengisi buku tamu dan meninggalkan komentar demi kemajuan blog ini, kunjungi juga channel youtube kami di Nid@ Channel atau WA 085233347483

Minggu, 03 Februari 2013

Belajar Huruf dan Tulisan Jawa (Hanacaraka)

Wong Jowo gak ngerti jawane, itulah kenyataan yang terjadi sekarang ini. Banyak orang yang kesulitan untuk menulis maupun membaca aksara jawa tersebut. Bahkan ada isyu (namanya isyu, entah benar-entah tidak, namun sangat terkenal kala itu) bahwa kalau mampu hafal aksara jawa  hanacaraka dengan dibalik, maka dapat menjinakkan ular. Hehe.. namanya juga isyu, mungkin penyebar isyu punya niatan untuk mempopulerkan hanacaraka. Saya tidak tahu.
Dengan kemajuan teknologi komputer, maka saat ini kita tidak perlu lagi kebingungan untuk mengajarkan atau membimbing putra putri kita dalam mengenal maupun memahami tulisan aksara jawa Hanacaraka ini. Beberapa program dibawah ini siap membantu putra-putri anda.

1. HANACARAKA 1.0

Program yang sebenarnya tidak baru, tapi belum populer, yaitu Hanacaraka. Program ini dibuat oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Agar anda lebih penasaran lagi, berikut ini screen shot program
Gambar ini adalah tampilan awal program HANACARAKA, ada menu-menu di samping kiri layar, yaitu:
  • Konversi Latin-Jawa
  • Konversi Jawa – Latin
  • pengenalan Aksara
  • Soal-soal Latihan
  • Konfigurasi
  • Edit Soal
  • Bantuan
  • Tentang Program
Sekarang mari kita mencoba program ini.
Saya mengklik Konversi Latin-Jawa. Ketikkan Prau layar, lalu Konversi. Dan keluarlah hasilnya
Kelemahannya, ketika saya coba untuk mengcopy ke Microsoft Word, karakternya jadi aneh. Tapi tidak apa, itu nanti dapat diatasi. Selain itu program juga tidak otomatis memberikan tanda spasi pada huruf kita.
Oke, sekarang kita teruskan. Saya coba menu kedua, yaitu konversi Jawa-Latin. Saya tulis Menyang pasar di kotak pertama, dan secara otomatis, tulisannya berubah menjadi bahasa Jawa. Menurut saya, ini sangat menarik. Bahasa jawa menjadi terlalu mudah, euy…. Tekan konversi untuk mengecek tulisan saya. dan buamm, ternyata hasilnya oke punya.
Kita coba menu Pengenalan aksara, ternyata isinya cukup menarik, yaitu keterangan tentang Jenis-jenis aksara Jawa, Sandhangan (apaan? pakaian kah?), terus aksara Jawa dan Angka Jawa. Taling, tarung, pangkon, layar, semuanya lengkap dideskripsikan disini. Pokoknya oye banget, dech.
Sekarang, ini yang paling, seru, program ini dilengkapi latihan, semacam kuis gitu. Kuisnya bisa ditambah, diedit dan diatur sendiri (panduannya lengkap di help file). Saya coba menu SOAL LATIHAN, tampilannya seperti dibawah ini. Mari kita coba untuk menu lanjut. LANJUT Gan!.
Dan, weleh-weleh, apaan nich. Saya harus mengeja satu persatu untuk dapat membacanya. Dan akhirnya, prestasi terbaik saya adalah : 30 Point!. Tepuk tangan buat saya…

Kesimpulan :

Secara umum, program ini dapat menjadi teman belajar putra putri anda. Mencocokkan jawaban, menambah pengetahuan baru, mencoba coba tulisan yang sulit dan sebagainya. Kelemahannya sudah saya sebutkan diatas, yaitu :
  • Spasi tidak bisa ditampilkan dalam hasil konversi
  • Tidak bisa langsung dicopy paste ke aplikasi lain, seperti word dan sebangsanya
Anda dapat mencoba dan mendownload program bagus ini DISINI

#2. CARAKAN 1.0

Software ini bernama CARAKAN 1.0, dibuat oleh mas Bay Kusuma Purwanto, Fungsi yang disediakan program ini cukup sederhana, yaitu mengkonversi basa latin ke Jawa dan Sebaliknya. Saya coba menulis kata-kata diatas, dan dengan mengklik tombol konversi, lalu mereload (tombol putar balik yagn berwarna hijau), tulisan jawa segera kelihatan. Hasil ini tinggal di Copy Paste ke Microsoft word, atau program lain yang anda sukai.

Apa bisa?

Bisa!. Untuk kedua program diatas, baik HANACARAKA maupun CARAKAN, hasil konversi dapat dicopy paste ke microsoft word untuk diedit, misalkan diberi tanda baca, diberi spasi yang agak lebar, diberi keterangan huruf latin dan sebagainya. Caranya adalah dengan mendownload program hanacaraka.ttf disini. Unzip, lalu copy paste hanacaraka.ttf di folder c:/windows/font. Selanjutnya, copy paste hasil konversi program hanacaraka / carakan ke word, lalu pilih (select) tulisan tadi, dan pilih fontnya  =hanacaraka. Lihat screen shot berikut ini
Tuh, khan, di semua word processor bisa. Anda juga bisa langsung menulis kok, di word misalnya, maka program akan langsung mengkonversi tulisan anda ke bentuk tulisan jawa, apabila menggunakan font hanacaraka. Untuk lebih lengkapnya, baca tutorial Font Hanacaraka disini
Nah, seru bukan. Makanya, dengan program ini  BELAJAR AKSARA JAWA JADI MENYENANGKAN….

DOWNLOAD
  1. CARAKAN 1.0
  2. HANACARAKA 1.0
  3. HANACARAKA.TTF
  4. TUTORIAL HANACARAKA.TTF 

Sumber rujukan
  • http://hanacaraka.fateback.com/
  • http://carakan.blogspot.com/
Sumber : harisaryono.com

1 komentar:

  1. maturnuwun nguri uri budaya jawa...siap disebarkan

    BalasHapus

Monggo dikomentari